Selasa, 04 April 2017

Laporan Animasi 3D: Prak 04 Camera Depth, Multi Pass Render, dan Composting menggunakan AE

1. Tujuan

Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.

2. Alat

Maxon Cinema 4D R16
Adobe After Effects CC 2015

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori

Camera Depth  merupakan ketajaman kamera menangkap gambar/obyek dalam sebuah video. Camera Depth bisa terjadi karena pengaturan operator terhadap kefokusan kamera atau karena kemampuan kamera itu sendiri.
Multi Pass Rendering adalah proses merender video dengan banyak part, lebih dari 1 yang secara bersamaan. misalnya di dalam video terdapat 3 obyek. dengan multi pass rendering, bisa merender ketiga obyek tersebut secara bersamaan namun terpisah berdasarkan part-partnya.
DOF atau Depth Of Field merupakan jarak antara benda-benda terdekat dan terjauh dalam sebuah latar yang bisa diterima ketajaman gambarnya
Compositing merupakan proses menggabungkan beberapa video klip, still image, atau audio klip menjadi satu kesatuan untuk menjadi tampilan yang utuh. dalam proses pembuatan animasi dengan memakai hybrid, proses composite bisa dilakukan dengan berbagai tools. tools yang dimaksud adalah software yang dijadikan untuk melakukan composite.

5. Petunjuk Praktikum


6. Hasil Praktikum

Setting Camera DOF di C4D



Import file ke AE



Menggunakan Camera Lens Blur di After Effect




7. Kesimpulan

Pada praktikum ini saya menambahkan camera depth di Cinema 4D dan di After Effects. Saya tidak mengalami kesulitan, hanya saja saat melakukan multi pass render saya kebingungan dengan layer-layer dari asset yang ada. 

0 komentar:

Posting Komentar