Selasa, 06 September 2016

Laporan Praktikum Animasi 2D: Bouncing Ball

Hari ini, Selasa 06 September 2016 saya mengikuti mata kuliah Praktikum Animasi 2D. Dan hari ini materi praktikumnya adalah membuat animasi Bouncing Ball menggunakan software Adobe After Effects. Ini adalah praktikum pertama untuk membuat sebuah animasi sederhana.
Hal yang pertama saya lakukan adalah membuka software Adobe After Effects. Dalam praktikum kali ini saya menggunakan After Effects CS6. Lalu saya membuka New Compositions lalu dalam kotak dialog ini dapat diatur ukuran video, besar fps (frame per second), warna background video, dan lain-lain. Setelah itu saya membuat sebuah bentuk bola, jangan lupa untuk diberi warna agar terlihat lebih menarik.
Lalu untuk menjalankan bola tersebut klik “P” untuk memunculkan Position. Tekan simbol keyframe di sebelah position untuk memunculkan keyframe. Selanjutnya saya pindah posisi bola dan dengan begitu keyframe dapat muncul secara otomatis. Lalu saya pindah lagi posisi bola hingga akhir lembar kerja. Pergerakan bola dapat dirubah dengan merubah jalur bola. Agar animasi terlihat lebih halus, saya menambahkan efek dengan cara klik kanan pada keyframe lalu pilih Keyframe Assistant dan pilih Easy Ease. Kemudian saya merubah jalur bola agar pergerakan bola dapat lebih teratur.
Agar pantulan bola terlihat lebih realistik, saya menambahkan Expressions pada keyframe. Saya mencari expressions di internet dan menemukan expressions untuk bola dapat memantul. Expression yang saya gunakan saya dapat dari web berikut ini:
Selanjutnya agar lebih terlihat realistis lagi saya memodifikasi bentuk bolanya. Pada saat bola berada dibawah, bola lebih dilonjongkan lagi. Caranya adalah dengan menekan tombol S maka akan memunculkan settingan Scale. Lalu pada timeline posisikan waktu bola saat berada di bawah. Setelah itu buat keyframe dengan cara memilih tombol stopwatch disebelah tulisan Scale. Keyframe yang pertama adalah bentuk bola yang normal. Lalu keyframe yang kedua bentuk bola lebih dilonjongkan. Dan keyframe yang ketiga bola kembali pada bentuk semula. Ulangi tahap tersebut untuk bola saat berada di bawah.
Setelah selesai membuat animasi lalu saya melihat animasi saya yang sudah jadi dengan cara menekan preview. Dan setelah semua selesai, saya me-render video animasi yang sudah jadi ke dalam bentuk .avi.
Ini adalah hasil jadi animasi saya saat di preview di Adobe After Effects.


Berikut adalah cerita saya dalam melaksanakan praktikum pertama dari animasi 2D. Semoga di praktikum-praktikum selanjutnya saya dapat menambah ilmu animasi dan dapat menjadi animator yang terkenal. Amin.

Dan ini hasil jadi animasi saya setelah selesai dirender dan saya upload di channel youtube saya:

0 komentar:

Posting Komentar