Selasa, 20 September 2016

Laporan Praktikum Animasi 2D: Shape Motion

Hari Selasa tanggal 20 September 2016. Seperti biasa, terdapat mata kuliah Praktikum Animasi 2D. Dan challenge untuk hari ini lumayan menantang, yaitu mengerjakan 3 tutorial dari channel youtube motion grapher terkenal yaitu Dope Motion. 3 tutorial tersebut adalah Super Cool Motion Graphic Elements, Pop-ups - Circle Burst - Accent, dan Pop Up Circles.
Yang pertama adalah saya melakukan tutorial yang pertama dan paling mudah yaitu Super Cool Motion Graphic Elements. Intinya pada tutorial ini adalah membuat sebuah objek yang berupa shape lalu dianimasikan menggunakan Trim Paths dan Repeater. Dan hasil jadinya adalah membentuk sebuah elemen-elemen yang dapat ditambahkan pada motion graphic. Shape untuk membuat element ini dapat menggunakan, lingkaran, persegi, polygon, bahkan bentuk abstrak pun akan dapat menjadi element yang menarik.
Selanjutnya adalah tutorial kedua yaitu Pop ups circle burst accent. Untuk tutorial kedua ini sedikit lebih kompleks daripada tutorial yang pertama. Dengan menambahkan animasi pada shape, misal untuk kali ini saya menggunakan rectangle, lalu tambahkan animasi di rectangle path dan ubah time value dari start dan end. Lalu juga dengan menggunakan Repeater, maka bentuk rectangle tersebut akan tersusun secara melingkar dengan memasukkan nilai rotation 45 derajat. Setelah itu saya membuat berbagai macam bentuk yang berbeda tetapi dengan animasi yang sama. Hanya dengan menduplikasi layer maka akan menambahkan shape baru. Setelah itu agar animasi terlihat lebih halus ditambahkan efek Easy Ease. Dan yang terakhir ditambahkan tulisan yang muncul secara pop-up ditengah-tengah shape tadi.
Dan untuk tutorial yang ketiga adalah tutorial yang paling kompleks diantara ketiga tutorial yang diberikan. Yaitu membuat Pop Up Circle untuk menampilkan sebuah logo. Pada animasi ini terdapat banyak lingkaran yang disusun sedemikian rupa untuk dapat dianimasikan. Lingkaran diubah-ubah warna dan bentuknya agar terlihat lebih menarik. Dan diakhir animasi akan muncul sebuah logo yang ditambahkan.
Untuk praktikum kali ini saya tidak mengalami kesulitan hanya saja saya membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mengerjakan 3 tutorial sekaligus. Dan alhamdulillah saya dapat menyelesaikan ketiga tutorial tersebut. Berikut ini hasil animasi saya saat di preview di After Effect.
Elements


Motion Accent


Pop Up Circle


Dan ini adalah hasil akhir yang sudah diupload di channel youtube saya:


Elements

Motion accent


Pop Up circle









0 komentar:

Posting Komentar