Selasa, 07 Maret 2017

Laporan Praktikum Animasi 3D: Logo 3D 360 - Turn Table Animation



1. Tujuan

Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

Logo PENS. 

4. Dasar Teori 

        Animasi 2D adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan dua titik vector yaitu x dan y. Animasi ini di buat dari beberapa gambar dengan layer terpisah. Animasi ini terdapat pada film kartun. Sedangkan animasi 3D adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan tiga titik vector yaitu x, y dan z. Dengan animasi 3d, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mempunyai dimensi , ruang dan kedalaman bayangan. Dalam membuat animasi, biasanya kita harus tracing terlebih dahulu. Tracing adalah menggambar ulang sesuai dengan gambar/objek acuan yang akan di buat.         

          Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fungsinya. Pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.
       

5. Tugas Praktikum

Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian

6. Petunjuk Praktikum

1. Tracing logo PENS menggunakan Adobe Illustrator
2. Import logo PENS yang sudah ditracing ke cinema 4D
3. Jadikan logo PENS menjadi 3D dengan menggunakan extrude
4. Lalu animasi 360 derajat kan logo PENS
5. Render logo animasi ke bentuk mp4

7. Hasil Praktikum






8. Kesimpulan

Pada praktikum ini saya belajar menganimasikan logo PENS dalam bentuk 3D. Yang pertama dilakukan adalah men-tracing logo PENS menggunakan Adobe Illustration. Setelah itu open hasil trace logo tersebut di cinema 4D. Lalu beri efek extrude pada setiap elemen logo. Dengan menambahkan efek extrude, logo PENS tersebut berubah menjadi 3D. Setelah menjadi 3D, untuk menganimasikan 360 derajat, pada coordinates, ubah derajat dari sumbu Y pada keyframe 0 detik ubah menjadi 0 derajat. dan pada keyframe paling akhir ubah menjadi 360 derajat maka logo akan berputar pada sumbu Y 360 derajat. Setelah selesai, render hasil logo tadi menjadi JPEG. Semua JPEG jadikan menjadi video menggunakan Timelapse Assembler. 

0 komentar:

Posting Komentar