1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
- hasil praktikum sebelumnya
- asset sekunder
4. Dasar Teori
Secondary asset ialah object kedua yang berada pada satu project cinema 4D. bisa berupa copy dari object pertama bisa juga membuat object yang baru. namun secondary asset hanya bisa menjadi objek kedua tanpa dapat menjadi object pertama.
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
- Tambahkan secondary Assets
- Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
- Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
7. Hasil Praktikum
Screen Record Secondary Assets
Hasil Render Secondary Assets
Screen Record Logo Movement
Hasil Render Logo Movement
Screen Record F-Curves
Hasil Render F-Curves
8. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini, teknik yang digunakan lebih kompleks daripada praktikum sebelumnya. Yang pertama adalah menambahkan secondary assets yang memutar mengelilingi logo PENS utama. Saya mengalami kesusahan saat mengatur helix nya. Awalnya saya membuat helix yang sangat besar karena saya melihat dari sudut pandang atas. Lalu setelah ditambahkan secondary assets, perputaran asset sangat jauh dari logo utama PENS. Setelah saya menyadarinya bahwa helix yang saya buat terlalu besar dan saya sesuaikan ukurannya pada saat sudut pandang front.
Lalu yang kedua saya mengalami kesulitan pada saat tahap menambahkan gerakan yang kompleks. Saya tidak bisa membuat rotasi di sekitar logo PENS. saya hampir mengulanginya sebanyak 5x, dan saya sempat berputus asa. Lalu setelah itu saya coba lagi, tiba-tiba objek saya bisa berputar di area objek tersebut.
Dan untuk tahap ketiga tinggal menyesuaikan kecepatan menggunakan F-Curves dan saya tidak mengalami kesulitan.
0 komentar:
Posting Komentar