Selasa, 14 Maret 2017

Laporan Animasi Prak 02 - Camera Path, Lighting, Material




1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori

Animasi motion guide adalah animasi sebuah movie clip yang bergerak mengikuti jalur sesuai dengan yang kita buat. Motion guide ini biasanya ada pada animasi 2D dan sering digunakan di Adobe Flash. Sedangkan Camera path, pengertiannya sama dengan animasi motion guide yaitu movie clip yang bergerak mengikuti jalur sesuai dengan path yang kita buat. Untuk Camera Path ini, kita gunakan pada animasi 3D karena mengambil angle dari sumbu x, y, maupun z.
Physical Sky adalah fitur yang disediakan Cinema 4D untuk mengubah background area menjadi berwarna seperti suasana langit yang dapat kita atur pula waktunya sesuai keinginan kita. Sedangkan Area light adalah fitur Cinema 4D untuk memberikan efek cahaya yang tampak pada object. Seperti arah-arahnya dan gelap-terangnya.
Material adalah fitur pada Cinema 4D yang digunakan untuk memberikan warna pada object. Pada fitur material ini terdapat banyak pengaturan warna serta texture yang dapat kita tambahkan pada object. Contohnya jika kita ingin memberikan efek glossy pada object, maka kita pilih material Danel, jika ingin efek seperti kayu, maka kita pilih benzi, jika kita ingin efek seperti glitter maka kita pilih cheen, dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengatur warnanya dan tingkat efeknya sesuai keinginan kita.  

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
    1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
    2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan praktikum



7. Hasil Praktikum


Hasil screen record dari Cinema 4D:



Hasil jadi Praktikum 02



8. Kesimpulan

Dari praktikum kedua ini saya mengalami beberapa kesulitan pada saat menempatkan objek yang sesuai dengan kamera. Objek yang saya letakkan tidak sesuai dengan preview dari kamera sehingga saya harus menghapus kamera lalu meletakkan objek pada garis yang diinginkan sesuai tutorial baru menyesuaikan dengan posisi kamera. Dan setelah itu menambahkan arc untuk jalur pergerakan objek juga saya mengalami sedikit kesulitan tetapi setelah itu sudah bisa bergerak sesuai dengan tutorial.
Untuk penambahan lighting dan material tidak ada kesulitan yang saya alami.

0 komentar:

Posting Komentar