Selasa, 13 September 2016

Laporan Praktikum Animasi 2D: Rotating Circle

Hari ini, Selasa, 13 September 2016, terdapat mata kuliah Praktikum Animasi 2D. Dan pada praktikum ke 3 kali ini, Pak Hasbi, selaku dosen Animasi 2D memberikan tugas kepada kami yaitu membuat animasi lingkaran yang berputar di dalam sebuah lingkaran. Awalnya saya merasa bingung. Lingkaran dapat berputar dalam lingkaran itu menggunakan tools apa pada After Effect. Lalu saya merasa tertantang untuk melakukan tugas ini.
Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat lingkaran kecil. Lingkaran kecil ini yang nanti akan berputar dalam lingkaran yang ukurannya lebih besar. Lingkaran kecil ini berjumlah 8 dan disusun membentuk lingkaran. Caranya adalah yaitu pilih Add lalu Repeater. Masukkan angka 8 pada jumlah lingkaran dan agar lingkaran tersebut membentuk lingkaran, masukkan angka 45 derajat pada rotasi. Setelah terbentuk lingkaran yang terdiri dari lingkaran kecil-kecil, langkah selanjutnya adalah memutar lingkaran-lingkaran itu. Dengan cara pilih Transform: Ellipse 1 lalu Rotation. Buat keyframe pada detik ke 0 dan pada detik ke 10 buat rotasi berputar 360 derajat. Pilih kecepatan berputar yaitu sebesar 2x. Sebelum itu jangan lupa memindahkan anchor point pada tengah-tengah lingkaran-lingkaran kecil.
Setelah itu, untuk memutar lingkaran-lingkaran kecil berputar sesuai dengan lingkaran besar cara yang dilakukan yang pertama adalah membuat lingkaran besar itu sendiri. Usahakan warna dari lingkaran besar berbeda dengan lingkaran kecil. Lalu sampai tahap ini, saya bingung. Bagaimana cara agar lingkaran-lingkaran kecil ini berputar sesuai dengan lintasan lingkaran besar. Akhirnya saya diberi pencerahan oleh teman saya, Aldo. Menurut penjelasan Aldo, pada layer shape lingkaran-lingkaran kecil, pilih Transform lalu Rotation. Pindahkan anchor point pada tengah-tengah lingkaran besar. Setelah itu ubah change value dari rotasi itu menjadi 360 derajat dengan kecepatan 1x.
Dan voila! Jadilah lingkaran-lingkaran yang berputar di dalam lingkaran sesuai dengan contoh yang diberikan Pak Hasbi.
Setelah semua selesai, tidak lupa saya merekam screen laptop saya saat saya menjalankan preview di After Effect untuk laporan ini. Berikut adalah video screen record dari animasi yang telah saya buat:

Dan ini adalah hasil jadi animasi sederhana saya yang telah saya unggah pada kanal Youtube saya:



Itulah laporan praktikum Animasi 2D yang saya lakukan hari ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan semoga dapat menambah ilmu. Amin.

THANK YOU ^^

0 komentar:

Posting Komentar